Hemat Energi, Sayangi Bumi :)

Hemat energi belakangan ini semakin sering disuarakan, demi kelangsungan masa depan anak cucu kita nanti dan juga untuk menyelamatkan bumi tempat kita berpijak ini.

Energi banyak jenisnya, diantaranya adalah :

– Energi minyak bumi
– Energi listrik
– Energi air
– Energi panas
– dll

Beberapa tahun terakhir ini kita juga semakin sering dipusingkan dengan masalah Bahan Bakar Minyak (BBM), dan terkadang berakhir dengan demo karena kita tidak mau atau tidak setuju dengan kenaikan harga bbm yang rasanya semakin tinggi.

Seperti yang kita ketahui minyak bumi ini melalui proses pembentukan secara alam dan membutuhkan waktu yang sangat lama, yang berasal dari fosil-fosil hewan yang telah terkubur berjuta-juta tahun lamanya, dan tiap waktu konsumsi minyak bumi semakin bertambah seiring dengan tumbuhnya penjualan kendaraan.

Namun pasokan bahan bakar semakin menipis yang menyebabkan seringnya terjadi kelangkaan BBM diberbagai daerah, termasuk dikota Batam tempat saya bermukim saat ini.

Batam Pos mengangkat berita kelangkaan BBM hingga 4 hari

image

image

image

image

image
Puncaknya hari Senin, 26 November 2012, ini antrian SPBU sampai ke jalan raya dan macetnya luar biasa dari siang hingga sore

Kita seharus sadar cepat atau lambat Energi ini akan habis jika kita kita tidak bijak mempergunakannya. Saya pribadi mulai menerapkannya beberapa tahun belakangan ini, dengan cara tidak terlalu tergantung dengan kendaraan yang mana sekiranya tempat yang dituju bisa menggunakan alternatif seperti bersepeda atau jalan kaki, yang justru punya efek yang bagus bagi kesehatan tubuh 🙂 .

Penggunaan BBM  yang semakin hari semakin meningkat sebenarnya juga punya dampak yang sangat tidak bagus bagi bumi kita ini, karena ketika dibakar, maka minyak Bumi akan menghasilkan karbon dioksida, salah satu gas rumah kaca. Bersamaan dengan pembakaran batu bara, pembakaran minyak Bumi adalah penyumbang bertambahnya CO2 di atmosfer dan Jumlah CO2 ini meningkat dengan cepat di udara dari waktu ke waktu sehingga muncullah pemanasan global 😦 .

Mungkin yang kita lakukan tidak seberapa dampaknya, namun jika sudah menjadi kebiasaan akan dapat menularkan ke lingkungan sekitar kita, yang terdekat adalah keluarga 🙂 .

Tidak hanya dengan cara berhemat menggunakan BBM, saya juga mulai membiasakan diri untuk penghematan penggunaan energi listrik, contohnya seperti dibawah ini :

1. Mulai membiasakan mematikan stop kontak setelah pemakaian dan mencabut charger-charger yang ada.

Terkadang bahkan sering diantara kita menganggap sepele hal-hal seperti ini dan membiarkan stop kontak nyala begitu saja. Hal tersebut selain membuang energi listrik juga dapat membahayakan lingkungan sekitar.

 

 

image

2. Menggunakan / menyalakan pendingin ruangan disaat benar-benar perlu.

Pada umumnya kita para pengguna AC suka  menyalakan pendingin ruangan ini disetiap waktu apalagi kita tinggal diwilayah tropis ini. Sengaja menyalakan AC namun tidak ada satu orangpun yang berada diruangan tersebut atau memang lupa mematikannya.

Saat ini saya mulai membiasakan diri menggunakan pendingin ruangan apabila benar-benar cuaca sudah tidak bisa diajak kompromi lagi 🙂 . Alternatif yang digunakan adalah membuka Jendela yang ada apabila memungkinkan, dan ini juga dampaknya bagus bagi ruangan dan kesehatan kita karena udara diruangan tidak selalu tertutup dan bisa berganti dengan udara baru 🙂 .

Dan perlu kita ketahui juga, penggunaan AC terus menerus juga berarti kita ikut menyumbang pemanasan global yang dari waktu ke waktu semakin mengkhawatirkan, jadi kita harus lebih perduli terhadap lingkungan dan bumi kita tercinta ini.

image

3. Jangan lupa matikan lampu!!!

Ini perkara kecil mungkin, dan kita suka lupa untuk hal yang satu ini.

Manfaatkanlah jendela – jendela yang ada dirumah sebagai pengganti pencahayaan diwaktu pagi hingga sore hari. Jadi kita tidak perlu menggunakan lampu setiap waktu 🙂 .

Selain penghematan energi minyak bumi dan energi listrik, kita dan saya pribadi khususnya juga dapat memperpanjang usia bumi ini dengan cara penghematan air.

Mulailah membiasakan diri untuk mematikan kran air setelah menggunakannya.  🙂

image

Jadi mari sayangi bumi kita ini dengan cara HEMAT ENERGI.

 

Blogger Contest #SobatBumi PT.PERTAMINA

 

Advertisements

27 thoughts on “Hemat Energi, Sayangi Bumi :)

  1. Wuaaaaah dahsyat beneeeer antriannya….
    Riau yang penghasil minyak juga sering langka BBM, miriiiis 😦
    Mari kita canangkan hari wajib bersepeda, pasti bisa hemat BBM banyak tuh 🙂

  2. Aku juga berharap di indonesia disediain jalur khusus utk bersepeda dan jalur hijau diperbanyak biar kita bisa sepedaan dgn nyaman, seperti negeri tetangga tuh 🙂

    • Naaaah mengenai penimbunan bbm itu sebenarnya bukan 1 /2 kali aja yah, tp udah sering kali terjadi… tp herannya knp diakhir tahun keadaannya terus begini ya?!
      Mengenai pencabutan subsidi bbm kasian kita masyarakat kelas bawah nggak punya anggaran lebih utk beli pertamax

      • Justru itu mbak. Menurut saya BBM bersubsidi hanya untuk angkutan umum (saya anggap sebagai sektor transportasi produktif). Jadi untuk transportasi umum (pelat kuning) harganya tetep murah, untuk kendaraan pelat hitam subsidinya dicabut.
        Kalau nggak punya anggaran beli pertamax ya naik angkutan umum saja. Katakanlah untuk pengguna mobil butuh 3 liter untuk 60KM (dengan BBM subsidi jadi sekitar Rp 13.500,00 – asumsi 20KM/liter). Naik angkutan umum, saya ambil contoh bus Patas AC Magelang-Yogyakarta yang sekitar 60KM tarifnya Rp 11.000,00 (untuk bus ekonomi Rp 9.000,00). Di subsidi saja masih lebih hemat naik angkutan umum, apalagi kalau tidak disubsidi. Berkurangnya pemakaian kendaraan pribadi imbasnya kan ke penghematan, pengurangan kemacetan, pengurangan emisi karbon, pengurangan ketergantungan terhadap minyak bumi.

        Semoga Indonesia bisa terbebas dari kondisi kritis kemandirian energi, terbebas dari ketergantungan terhadap minyak bumi.

      • Masalahnya sekarang penjualan mobil justru semakin meningkat dengan pembiayaan murah, jadi kelas menengah bawahpun borbondong2 utk beli kendaraan. Ini semua memang saling berkaitan jadi harus saling kerjasama 🙂

    • Bangeeeet maaas…. udah kaya’ parkir aja gitu dijalanan, dan ngantri begitu tuh disetiap SPBU dibatam puncaknya hari senin kemarin deh, parah banget… tapi untungnya hari ini udah normal

  3. Selain hemat BBM, listrik serta air, penghijauan juga sangat dibutuhkan nih… sekarang indonesia ruang hijaunya semakin berkurang. kalo banyak ruang hijau dimana penggunaan pendingin ruangan juga bisa ditekan 🙂

    • iyah bener bangeeeet… tapi masalahnya sekarang ruang utk nanem pohonnya udah berkurang, justru yang banyak “tumbuh” gedung2 utk mall, apartemen, perkantoran 😦

  4. Kayaknya buat yang matikan lampu, ada baiknya kalau developer bikin perumahan yang modelnya bisa nengkep cahaya matahari banyak2 pas siang, jadi ga perlu banyak pake energi kalo terang.. Ya ga sih?

    • iyaaa… dan sekarang udah banyak media yang dapat menyalurkan suara kita, semoga langkanya bbm dpt segera diatasi sm pemerintah ya 🙂

      thx u sudah berkunjung 🙂

  5. Salam kenal, nice post.
    Sebenarnya hal tersebut adalah langkah kecil yang sederhana namun membawa pengaruh besar bila dilakukan oleh banyak orang. Salah satunya mematikan lampu itu. Misal 1 lampu 12 watt, tapi kalau yang mematikan lampu ada jutaan orang bisa hemat sampai puluhan juta watt. Tentunya hal ini akan menghemat pemakaian BBM pada pembangkit listrik.

    Main-main ke blog saya ya
    http://bit.ly/Energi104

  6. yaaaks beneeer bangeeet….
    Dan kita memulainya dari lingkungan sekitar yang pastinya keluarga, dan kalo udah terbiasa pasti akan menular dari 1 orang ke yang lain 🙂
    yang mungkin awalnya beban lama-lama jadi suatu kebiasaan yang positif dan berdampak besar bagi kelangsungan kehidupan di bumi ini 🙂

    Terima kasih atas kunjungannya mas

  7. terkait poin yg ketiga, usahakan kita jg pake lampu LED drpd lampu jenis lain. wlpn harganya lebih mahal namun lebih hemat energi dan tagihan listrik tdk mahal hehe..

  8. Program car free day sih kalo menurut aku yang harus lebih digalakkan lagi…
    itu sangat membantu untuk hemat energi

    • Iyah car free day… aku juga berharap nggak hanya ada di hari Minggu doang, kalo bisa di hari-hari kerja, tetapi juga didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk bersepeda

  9. Memperbaiki sistem pembakaran kendaraan juga perlu, biar bahan bakar bisa jadi lebih efisien, selain itu gak banyak polusi yang di keluarkan.. Hehe 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s